Rabu, 05 April 2017

Struktur Bunga dan Fungsinya


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

                   I. Idetitas Mata Pelajaran
Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                     : IV
Semester                : 1
Jumlah Pertemuan   : 2 X 35

                II. Kemampuan Dasar
A.                 Standar Kompetensi
2.       Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B.                 Kompetensi Dasar
2.4               menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya.
C.                 Indikator
1.                   Menyebutkan bagian-bagian bunga
2.                   Membedakan jenis bunga jantan
3.                    Membedakan jenis bunga betina
4.                   Membedakan jenis bunga hermafrodit
5.                    Menguraikan fungsi bagian-bagian bunga
6.                    Memberi contoh fungsi bunga pada tumbuhan
D.                 Tujuan Pembelajaran
1.                   Melalui gambar struktur bunga, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian bunga dengan benar.
2.                    Melalui penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga jantan dengan benar.
3.                   Melaui penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga betina dengan benar.
4.                   Melalui penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga hermafrodit dengan benar.
5.                   Melalui penjelasan, siswa dapat menguraikan fungsi bagian bunga dengan tepa.
6.                    Melaui penjelasan, siswa dapat memberi contoh fungsi bunga pada tumbuhan dengan tepat.
             III. Materi
1.                   Struktur Bunga
a.                   Kelopak, umumnya berwarna hijau dan berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup.
b.                   Mahkota, merupakan bagian bunga yang indah dan berwarna warni
c.                    Benang sari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan
d.                   Putik sebagai alat kelamin betina
e.                    Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, putik, dan dasar bunga disebut bungan sempurna. Jika memiliki semua bagian kecuali putik, maka disebut bunga jantan. Jika memiliki semua bagian bunga kecuali benang sari, maka disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit.
2.                   Fungsi Bunga
Fungsi bunga yang utama adalah mempercantik tumbuhan dan sebagai alat perkembangbiakan generatif. Perkembangbiakan generatif merupakan perkembanganbiakan yang didahului pembuahan. Pada tumbuhan berbunga, pembuahan terjadi didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya kepala serbuk sari ke kepala putik. Sedangkan bagi manusia, bunga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan, perlengkapan upacara adat, dan bahan rempah-rempah.
             IV. Metode
1.                   Ceramah
2.                   Diskusi
                V. Media
1.                   Macam-macam bunga
2.                   Gambar sturtur bunga
             VI. Langkah Pembelajaran
1.                   Kegiatan Awal  (5 Menit)
a.                   Guru mempersiapkan fisik dan psikis agar peserta didik siap mengikuti kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan.
b.                   Guru mengabsen satu persatu peserta didik.
c.                   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.                  mengadakan apersepsi yaitu dengan mengaitkan materi sekarang dengan materi yang telah di bahas.
e.                   Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2.                   Kegiatan Inti (60 Menit)
a.                   Guru meminta agar tiap peserta didik membaca materi sturuktur bunga dan fungsinya.
b.                   Setelah itu, guru memberikan masing-masing kelompok lembar kerja dan satu kelompok dua buah bunga.
c.                   Pada diskusi ini tiap kelompok diminta untuk mengamati bunga yang diberikan oleh guru yang kemudian akan diprsentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
d.                  Masing-masing kelompok juga diharuskan untuk menilai kelompok yang tampil di depan kelas.
e.                   Setelah semua kelompok tampil di depan, tiap kelompok memberikan hasil diskusi mereka serta penilaian terhadap teman mereka.
f.                    Setelah itu guru menjelaskan kembali materi yang telah dipresentasikan oleh peserta didik.
3.                   Kegiatan Akhir
a.                   Guru melakukan evaluasi kepada peserta didik.
b.                   Setelah waktu dirasa cukup hasil evaluasi dikembalikan  kepada guru.
c.                   Guru dan siswa menyimpulkan secara bersama-sama materi struktur bunga dan fungsinya
          VII. Evaluasi 
Prosedur : Post test
                   Proses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar