Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
I. Idetitas
Mata Pelajaran
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: IV
Semester
: 1
II. Kemampuan
Dasar
A.
Standar Kompetensi
2. Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B.
Kompetensi Dasar
2.4
menjelaskan
hubungan antara bunga dengan fungsinya.
C.
Indikator
1.
Menyebutkan
bagian-bagian bunga
2.
Membedakan
jenis bunga jantan
3.
Membedakan jenis bunga betina
4.
Membedakan
jenis bunga hermafrodit
5.
Menguraikan fungsi bagian-bagian bunga
6.
Memberi contoh fungsi bunga pada tumbuhan
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
gambar struktur bunga, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian bunga dengan
benar.
2.
Melalui penjelasan, siswa dapat membedakan
jenis bunga jantan dengan benar.
3.
Melaui
penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga betina dengan benar.
4.
Melalui
penjelasan, siswa dapat membedakan jenis bunga hermafrodit dengan benar.
5.
Melalui
penjelasan, siswa dapat menguraikan fungsi bagian bunga dengan tepa.
6.
Melaui penjelasan, siswa dapat memberi contoh
fungsi bunga pada tumbuhan dengan tepat.
III. Materi
1.
Struktur
Bunga
a.
Kelopak,
umumnya berwarna hijau dan berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup.
b.
Mahkota,
merupakan bagian bunga yang indah dan berwarna warni
c.
Benang sari dengan serbuk sari sebagai alat
kelamin jantan
d.
Putik sebagai alat kelamin betina
e.
Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat
kedudukan bunga.
Bunga yang memiliki tangkai,
kelopak, mahkota, benang sari, putik, dan dasar bunga disebut bungan sempurna.
Jika memiliki semua bagian kecuali putik, maka disebut bunga jantan. Jika
memiliki semua bagian bunga kecuali benang sari, maka disebut bunga betina.
Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit.
2.
Fungsi
Bunga
Fungsi
bunga yang utama adalah mempercantik tumbuhan dan sebagai alat perkembangbiakan
generatif. Perkembangbiakan generatif merupakan perkembanganbiakan yang
didahului pembuahan. Pada tumbuhan berbunga, pembuahan terjadi didahului dengan
penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya kepala serbuk sari ke kepala
putik. Sedangkan bagi manusia, bunga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan,
perlengkapan upacara adat, dan bahan rempah-rempah.
IV. Metode
1.
Ceramah
2.
Diskusi
V. Media
1.
Macam-macam
bunga
2.
Gambar
sturtur bunga
VI. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (5 Menit)
a.
Guru
mempersiapkan fisik dan psikis agar peserta didik siap mengikuti kegiatan
belajar mengajar yang akan dilakukan.
b.
Guru
mengabsen satu persatu peserta didik.
c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.
mengadakan
apersepsi yaitu dengan mengaitkan materi sekarang dengan materi yang telah di
bahas.
e.
Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2.
Kegiatan
Inti (60 Menit)
a.
Guru
meminta agar tiap peserta didik membaca materi sturuktur bunga dan fungsinya.
b.
Setelah
itu, guru memberikan masing-masing kelompok lembar kerja dan satu kelompok dua
buah bunga.
c.
Pada
diskusi ini tiap kelompok diminta untuk mengamati bunga yang diberikan oleh
guru yang kemudian akan diprsentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
d.
Masing-masing
kelompok juga diharuskan untuk menilai kelompok yang tampil di depan kelas.
e.
Setelah
semua kelompok tampil di depan, tiap kelompok memberikan hasil diskusi mereka serta
penilaian terhadap teman mereka.
f.
Setelah
itu guru menjelaskan kembali materi yang telah dipresentasikan oleh peserta
didik.
3.
Kegiatan
Akhir
a.
Guru
melakukan evaluasi kepada peserta didik.
b.
Setelah
waktu dirasa cukup hasil evaluasi dikembalikan
kepada guru.
c.
Guru
dan siswa menyimpulkan secara bersama-sama materi struktur bunga dan fungsinya
VII. Evaluasi
Prosedur : Post test
Proses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar